Senin, 24 Juli 2017

lembar observasi pembelajaran

iahidarya | 10.22 |
LEMBAR OBSERVASI LESSON STUDY

DEPAG_2

 

MONITORING DAN EVALUASI

IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti pada SD/SMP/SMA/SMK*)

 

INSTRUMEN OBSERVASI PEMBELAJARAN

 

IDENTITAS RESPONDEN

Nama Guru

 

Kelas/Semester

 

NomorTelepon/HP

 

Email

 

NamaSekolah

 

AlamatSekolah

 

Kab./Kota

 

Provinsi

 

 

IDENTITAS OBSERVER

Nama

 

Instansi

 

NomorTelepon/HP

 

Email

 

 

PetunjukPengisian FormatObservasi:

1.    Lembar ini digunakan untuk pengamatan implementasi kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran dan penilaian di dalam kelas

2.    SEBELUM melakukan pengamatan Proses Pembelajaran pengamat dimohon mengkaji dahulu Silabus dan RPP guru ybs.

3.    Pada saat pengamatan, pengamat mencatat semua kejadian pada saat KBM.

4.    Hasil pencatatan tersebut dimasukkan ke dalam lembar observasi.

5.    Pengamatan KBM dilakukan selama 2 jam pelajaran (1 kali pertemuan).

6.    Isilah kolom 3 (Ya) dan 4(Tidak) dengan tanda (√) sesuai dengan pernyataan pada kolom Indikator.

7.    Pada kolom 5, tuliskan Keterangan atau catatan yang perlu ditambahkan pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung.

8.    Isilah dengan tanda (√)kelengkapan perangkat pembelajaran:

 

a.     Silabus

Ada

Tidak

 

 

 

b.    RPP

Ada

Tidak

 

 


Lembar Observasi

 

Petunjuk pengisian instrumen.

Nyatakantingkatpemenuhanindikatorpadamasing-masingbutirdenganmemberikan tanda checklist (√) padakolomberisi angka 1, 2, 3 dan 4 berikut:

 

4

:

Jika indikator terpenuhi dan sangat sesuai, sangat memahami, atau terlaksana dengan   sangat baik

3

:

Jika indikator terpenuhi, sesuai, memahami, atau terlaksana dengan baik

2

:

Jika indikator terpenuhi tetapi kurang sesuai, kurang memahami, atau kurang terlaksana dengan baik

1

:

Jika indikator tidak terpenuhi sama sekali

 

Aspek

Indikator

Capaian

Keterangan

4

3

2

1

A.     KegiatanPendahuluan

1.

Guru meminta salah seorang peserta didik untuk memimpin do’a

 

 

 

 

 

2.

Guru mengecek kehadiran peserta didik

 

 

 

 

 

3.

Peserta didik memperhatikan guru pada kegiatan apersepsi.

 

 

 

 

 

4.

Peserta didik memberikan jawaban atas pertanyaan guru pada kegiatan apersepsi.

 

 

 

 

 

5.

Peserta didik mengajukan pertanyaan kepada guru pada kegiatan apersepsi.

 

 

 

 

 

6.

Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai rencana/tujuan pembelajaran (pengelompokan, diskusi, penggunaan media pembelajaran, alatperaga, dsb).

 

 

 

 

 

7.

Peserta didik tampak termotivasi dan bersemangat.

 

 

 

 

 

B.  Kegiatan Inti

1

Pembelajaran Saintifik peserta didik:

 

 

 

 

 

 

a.     Peserta didik mengamati:

 

 

 

 

 

 

·    demonstrasi/peragaan guru

 

 

 

 

 

 

·    Demonstrasi peserta didik lain

 

 

 

 

 

 

·    Mengamati tayangan video

 

 

 

 

 

 

·    Membaca buku/sumber lain

 

 

 

 

 

 

·    Lainnya………

 

 

 

 

 

 

b.     Peserta didik menanya:

 

 

 

 

 

 

·    Berdiskusi membuat pertanyaan

 

 

 

 

 

 

·    bertanya,

 

 

 

 

 

 

·    mempertanyakan,

 

 

 

 

 

 

·    member alas an

 

 

 

 

 

 

·    mengungkapkan gagasan

 

 

 

 

 

 

 

·    ....................................

 

 

 

 

 

 

 

c.     Peserta didik mengumpulkan informasi:

 

 

 

 

 

 

 

·      menentukan data,

 

 

 

 

 

 

 

·      menentukan sumber data

 

 

 

 

 

 

 

·      mengumpulkan data

 

 

 

 

 

 

 

·      ....................................

 

 

 

 

 

 

 

d.     Peserta didik mengasosiasi:

 

 

 

 

 

 

 

·      Menentukan hubungan,

 

 

 

 

 

 

 

·      menganalisis data,

 

 

 

 

 

 

 

·      menyimpulkan hasil analisis data

 

 

 

 

 

 

 

·      .................................

 

 

 

 

 

 

 

e.     Peserta didik mengkomunikasikan:

 

 

 

 

 

 

 

·      Menyampaikan hasil konseptualisasi,

 

 

 

 

 

 

 

·      Dalam bentuk lisan atau tulisan

 

 

 

 

 

 

 

·      ....................................

 

 

 

 

 

 

2

Kegiatan Guru

 

 

 

 

 

 

a.     memotivasi peserta didik untuk mengamati

 

 

 

 

 

 

b.     memotivasi peserta didik untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatan

 

 

 

 

 

 

c.     memotivasi peserta didik untuk mengeksplore untuk menjawab pertanyaan

 

 

 

 

 

 

d.     memfasilitasi peserta didik untuk mengasosiasi hasil-hasil eksplorasi

 

 

 

 

 

 

e.     memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengkomunikasi hasil asosiasinya

 

 

 

 

 

 

 

f.      .....................................

 

 

 

 

 

 

3

Guru melakukan Penilaian otentik:

 

 

 

 

 

 

 

a.     Penilaian Sikap:

 

 

 

 

 

 

 

·      Observasi

 

 

 

 

 

 

 

·      Penilaian diri

 

 

 

 

 

 

 

·      Penilaian antar teman

 

 

 

 

 

 

 

·      jurnal

 

 

 

 

 

 

 

b.     Penilaian Pengetahuan:

 

 

 

 

 

 

 

·      Tertulis

 

 

 

 

 

 

 

·      Lisan

 

 

 

 

 

 

 

·      Penugasan

 

 

 

 

 

 

 

c.     Penilaian Keterampilan:

·      Praktik

 

 

 

 

 

 

 

·      Proyek

 

 

 

 

 

 

 

·      Portofolio

 

 

 

 

 

B.    Kegiatan Penutup   

 

Kesimpulan:

Peserta didik bersama guru menyimpulkan konsep yang telah dipelajarinya (sekaligus sebagai penguatan)

 

 

 

 

 

 

Refleksi

GURU meminta peserta didik untuk mengungkapkan :

·      Apa yang sudah/belum dikuasai/dipahami

·      Perasaan mereka sewaktu belajar

·      Cara mereka belajar berkaitan dengan keberhasilan/kegagalan dalam suatu menguasai suatu kemampuan/pemahaman

·      Keterkaitan sikap spiritual dan social dengan materi yang telahdipelajari

 

 

 

 

 

 

Peserta didik mengungkapkan/ menuliskan apa yang sudah dipahami/dikuasai dan yang belum

 

 

 

 

 

 

Peserta didik mengungkapkan (lisan/tulisan) kelebihan dan kekurangan caradiabelajar berkaitan dengan keberhasilan/kegagalan dalam menguasai suatu kemampuan/pemahaman

 

 

 

 

 

 

Peserta didik mengutarakan perasaan tentang pembelajaran yang dialaminya,

 

 

 

 

 

 

Peserta didik menyampaikan hasil pengamatan

 

 

 

 

 

 

 

Guru memberikan tugas lanjutan berkaitan dengan materi yang diajarkan

 

 

 

 

 

 

 

Guru memberikan test tertulis dan lisan serta penilaian otentik selama pembelajaran berlangsung

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(kolom catatan/keterangan diisi dengan kekuatan dan kelemahan selama proses berlangsung, dapat juga pendapat obeserver terhadap proses tersebut)

 

 

Kesimpulan hasil pengamatan proses pembelajaran:

Kegiatan peserta didik:

................................................................................................................................................................................

................................................................................................................................................................................

................................................................................................................................................................................

................................................................................................................................................................................

................................................................................................................................................................................

 

Kegiatan Guru:

 

................................................................................................................................................................................

................................................................................................................................................................................

................................................................................................................................................................................

................................................................................................................................................................................

................................................................................................................................................................................

................................................................................................................................................................................

 

 

Kesesuaian Silabus dan RPP dengan kegiatan pembelajaran dan penilaian

 

................................................................................................................................................................................

................................................................................................................................................................................

................................................................................................................................................................................

................................................................................................................................................................................

................................................................................................................................................................................

................................................................................................................................................................................

 

 

 

........................................................., 2014

 

Pengawas PAI

 

 

 

 

 

 

Ia Hidarya, S..PdI,MM

Nip. 197407242005011005

Tidak ada komentar:

Posting Komentar