BAB III
PROGRAM TAHUNAN PENGAWASAN SEKOLAH
Program
tahunan pengawasan dapat berbentuk tabel yang berisi uraian program
supervisi,
uraian kegiatan, target, dan keterangan nama sekolah binaan untuk
setiap program
pengawasan.
Format 3.3 Model Program
Tahunan Pengawasan
Keterangan :
Kolom (1) :
diisi dengan nomor urut.
Kolom (2) :
diisi dengan program pengawasan pembinaan, pemantauan,
atau penilaian
guru dan/atau kepala sekolah.
Kolom (3) :
diisi dengan uraian kegiatan untuk setiap program.
Kolom (4) :
diisi dengan target yang diharapkan.
Kolom (5) :
diisi dengan nama sekolah binaan.
BAB IV PROGRAM
SEMESTER PENGAWASAN SEKOLAH
Program semester pengawasan sekolah merupakan
bagian dari program tahunan yang tak terpisahkan satu sama lain, terdiri dari
program pengawasan semester I dan
semester II. Setiap pengawas sekolah wajib menyusun
program semester
pengawasan akademik dan manajerial untuk setiap
sekolah binaan.
Model sistematika program semester untuk setiap
sekolah binaan:
1) Identitas
Sekolah
Sekolah/Madrasah
: .....................................................................
Kepala
Sekolah :
.....................................................................
Alamat
Sekolah :
.....................................................................
Semester
: .....................................................................
Tahun
Pelajaran :
.....................................................................
Visi dan Misi
Sekolah Binaan :
.....................................................................
2) Identifikasi
Masalah
a) Program sekolah belum memenuhi kriteria standar
pengelolaan.
b) Ketercapaian standar isi, standar proses,
standar kompetensi lulusan, dan standar penilaian belum memenuhi target.
c) Penyusunan RPP belum memenuhi standar proses.
Format 3.4.
Deskripsi Kegiatan
Keterangan:
Kolom
identitas sekolah perlu ditambahkan nama guru dan mata
pelajaran
untuk pengawas mata pelajaran.
Kolom (1)
Kolom (2)
Kolom (3)
Kolom (4)
Kolom (5)
Kolom (6)
Kolom (7)
Kolom (8)
Kolom (9)
|
diisi dengan nomor urut.
diisi dengan aspek/materi pengawasan.
diisi dengan uraian tujuan.
diisi dengan sasaran.
diisi dengan target keberhasilan.
diisi dengan indikator keberhasilan.
diisi dengan metode kerja.
diisi dengan waktu kegiatan.
diisi dengan tempat kegiatan
|
..................., .......................
20....
Mengetahui,
Koordinator Pengawas Sekolah
Kabupaten/Kota ......................,
.....................................................
NIP
|
Pengawas sekolah,
..............................................
NIP
|
BAB V RENCANA
PENGAWASAN AKADEMIK (RPA) DAN RENCANA
PENGAWASAN
MANAJERIAL (RPM)
A. Rencana
Pengawasan Akademik (RPA)
Rencana
pengawasan akademik merupakan kegiatan supervisi tatap muka pengawas sekolah
setiap minggu dengan sasaran guru binaan secara individu maupun kelompok
melalui pembinaan, pendampingan dan supervisi klinis, serta pembimbingan dan
pelatihan guru sesuai dengan kompetensi dan tugas pokok guru yang merupakan
uraian kegiatan dalam aspek/materi program semester pengawasan.
Format 3.5
Contoh Rencana Pengawasan Akademik (RPA)
A.
Aspek/masalah : pembinaan guru u n t u k menyusun perencanaan
pembelajaran sesuai dengan ketentuan
B.
Tujuan : Meningkatkan kemampuan guru d a l a m
menyusun perencanaan pembelajaran sesuai dengan ketentuan
C.
Indikator :
1.
1 . Guru mampu menyusun perencanaan pembelajaran
sesuai dengan ketentuan.
2.
Guru memenuhi dokumen perencanaan pembelajaran
sesuai dengan kebutuhan
pembelajaran
setiap semester.
D. Waktu
: Agustus 2015, pukul 09.00–15.00
E. Tempat
: ….
F.
Strategi/metode kerja/teknik supervisi: Workshop dan tugas mandiri
G. Skenario
Kegiatan:
1. Pertemuan
Awal (60 menit)
a)
Kepala sekolah menjelaskan tujuan workshop.
b)
Kepala sekolah memberikan motivasi kepada peserta workshop.
c)
Kepala sekolah menyampaikan informasi perkembangan terakhir
tentang hasil penyusunan perencanaan pembelajaran.
2. Pertemuan
Inti (4 x 60 menit)
a)
Pengawas sekolah menjelaskan konsep penyusunan perencanaan
pembelajaran sesuai dengan ketentuan.
b)
Pengawas sekolah membagikan lembar kerja tentang perencanaan
pembelajaran.
c)
Pengawas sekolah melakukan pembimbingan kelompok secara
merata.
d)
Guru mempresentasikan hasil kerja kelompok.
e)
Pengawas sekolah dan kelompok lain memberikan tanggapan
presentasi hasil kerja kelompok.
3. Pertemuan
Akhir (60 menit)
(a)
Pengawas sekolah mengonfirmasikan hasil presentasI kelompok.
(b) Guru melakukan refleksi hasil kerja kelompok untuk mengetahui
kelebihan dan kekurangannya.
(c)
Pengawas sekolah memberikan tugas mandiri untuk menyempurnakan
hasil kerja penyusunan perencanaan pembelajaran.
(d) (d) Pengawas sekolah melakukan refleksi pelaksanaan pembinaan.
H. Sumber
Daya:
1. KI dan KD
mata pelajaran
2.
Permendikbud tentang standar proses
3. Lembar
kerja guru
4. LCD
5. Komputer
6. Perangkat
lain yang dibutuhkan
I. Penilaian
dan Instrumen:
1.
Penilaian : Produk guru berupa perencanaan
pembelajaran
2.
Instrumen : Format evaluasi penyusunan perencanaan pembelajaran
(sesuai dengan standar proses)
J. Rencana Tindak Lanjut: Pengawas sekolah melakukan
monitoring dan evaluasi hasil kerja guru dalam menyusun perencanaan
pembelajaran.
.........................,
20......
Mengetahui,
Koordinator Pengawas Sekolah
Kabupaten/Kota ......................,
.....................................................
NIP
|
Pengawas sekolah,
..............................................
NIP
|
PROGRAM
PEMBINAAN GURU
Lampiran 1
Contoh Rencana
Pengawasan Akademik
RENCANA
PENGAWASAN AKADEMIK
(RPA-1)
Nama Sekolah
Nama Kepala Sekolah
Alamat Sekolah
Semester/Tahun Pelajaran
Nama Pengawas Sekolah
|
:
:
:
:
:
|
SMP Diradja
Drs. Surya Diradja, M.Pd.
Jalan Kapten Tendean, Jakarta
1/2016-2017
Dr. Nining S. Diradja
|
1.
Program : Pembinaan
Guru
2.
Waktu : 1
kali pertemuan (3 jam/180 menit)
3.
Uraian kegiatan : Membina guru
dalam menyusun perencanaan pembelajaran
4.
Tujuan pembelajaran : Meningkatkan Meningkatkan
kompetensi pengembangan kurikulum (pedagogis) dalam merencanakan
5.
Indikator keberhasilan : 100% guru yang
dibina mampu menyusun RPP dengan kualitas minimal 76
6.
Junlah guru yang dibina : sejumlah guru mata
pelajaran yang membutuhkan pembinaan berdasarkan data sebelumnya
7.
Metode/teknik:
1.
Lokakarya/diskusi pembinaan penyusunan RPP
2.
Skenario kegiatan:
a. Pertemuan awal (30 menit)
1) Menjelaskan tujuan dan indikator keberhasilan
kegiatan lokakarya penyusunan RPP
2) Brainstorming tentang konsep dan teknis
penyusunan RPP
b. Pertemuan inti (120 menit)
1)
Menjelaskan konsep penyusunan RPP sesuai dengan
ketentuan
2)
Membagikan lembar kerja (LK) tentang perencanaan
pembelajaran
3)
Melakukan pembimbingan kelompok secara merata
4)
Guru mempresentasikan hasil kerja kelompok.
5)
Kelompok lain memberikan tanggapan terhadap
presentasi.
6)
Pengawas sekolah memberi penguatan.
c. Pertemuan akhir (30 menit)
1)
Guru melakukan refleksi kegiatan untuk mengetahui
kelebihan dan kekurangannya.
2)
Pengawas sekolah memberikan tugas mandiri untuk
menyempurnakan RPP hasil lokakarya.
3)
Pengawas sekolah melakukan refleksi pelaksanaan
pembinaan.
9. Sumber
daya:
a. Permendikbud tentang standar proses
b. Silabus mata pelajaran
c. Lembar kerja guru
d. LCD
e. Komputer
f. dan lain-lain yang dibutuhkan
10. Penilaian
dan instrumen:
a. Penilaian RPP guru mata pelajaran yang dibina
b. Instrumen Pengukuran Kinerja Guru Sesudah Pelaksanaan Pembinaan
Materi
(Perencanaan Pembelajaran)
11. Rencana
tindak lanjut:
Pengawas sekolah melakukan pembinaan kelompok atau individu sesuai
kebutuhan
berdasarkan hasil evaluasi.
12. Daftar
nama guru/kepala sekolah:
a. Drs. Surya Diradja, M.Pd.
|
Nip 1976......
|
b. Drs. Amri, M.Pd.
|
|
c. dst.
|
|
Jakarta, 29
Juni 2016
Mengetahui,
Koordinator Pengawas Sekolah
Kabupaten/Kota ......................,
.....................................................
NIP
|
Pengawas sekolah,
..............................................
NIP
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar