Jumat, 14 Juli 2017

kisi kisi

iahidarya | 10.34 |
<!--[if !mso]> <![endif]

Dua istilah yang digunakan adalah proses kognitif yang meliputi mengetahui, mamahami, mengaplikasi, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkreasi. Di samping itu terdapat penggunaan Istilah level kognitif yang meliputi pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran. Tentu saja penggunaan ketiga istilah ini akan dipakai oleh semua guru. Lalu dari mana landasan teorinya sehingga ada pengelompokan seperti ini. Saya belum dapat menelusurinya. Yang menarik untuk dikaji lebih lanjut adalah penggunaan judul karakteristik soal  untuk menghimpun struktur pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif.
Untuk mengometari model penggunaan istilah dan pengelompokannya mari kita telaah sumber bacaan berikut:
Pada referensi yang ditulis David R. Krathwohl agak berbeda dari yang digunakan dalam bahan tayang seperti yang kita telah lihat. Pada tabel 2 digunakan istilah Structure of the Knowledge yang meliputi (A) Factual Knowledge  (B) Coceptual Knowledge (C) Procedural Knowledge (D) Metacognitve Knowledge. Pada tabel 3 digunakan istilah Cognitive Process  yang meliputi remember, understand, apply, analyse, evaluate, create. Dengan demikian menggunakan istilah mengetahui pada dimensi proses kognitif, sy agak kurang setuju.
Materi lanjutan yang perlu diperhatikan adalah format kisi-kisi berikut:
FORMAT KISI-KISI US 2016/2017
SOAL PILIHAN GANDA
Mata Pelajaran : ………………………………………..
No
Kompetensi Dasar
Materi
Kelas/
Semester
Indikator Soal
Level
Kognitif
Karakter Soal
No
Soal
1
2
3
4
5
6
7
8
1
Memahami teks genre faktual
Makna teks
4
Siswa memahami makna tersirat pada teks yang dibacanya.
C4
Fakta
1
Mengetahui
Kepala Sekolah………………….
……………………………………………………..
NIP ………………………………………………
Bogor, …………………………………..
Koordinator MGMP ……………………………
……………………………………………………..
NIP ………………………………………………
Pada kolom  digunakan level kognitif, yaitu C1 sampai dengan C6. Pada level konitif guru akan mengisi dengan tiga pilihan yaitu pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran. Sekali lagi ini agak tumpang tindih. Masalahnya baik dalam pengetahuan dan pemahaman maupun aplikasi memerlukan penalaran atau menghubungkan data yang satu dengan data yang lain sehingga diperoleh kesimpulan. Penalaran merupakan dasar manusia untuk berilmu dan memahami.  Namun demikian istilah tentu akan terus digunakan.
Pada kolom 7 karakter soal mestinya diisi dengan empat pilihan sesuai dengan struktur pengetahuan yang meliputi pengetahuan factual, konseptual, procedural dan metekognitif. Tentu saja istilah karakter soal, mestinya menggunakan istilah dari yang punya teori yaitu struktur pengetahuan. Namun demikian, sudahlah itu sudah jadi pedoman. Ruaaar biasa.
Menyesuaikan dengan format terbaru, sekali pun substansinya sama dengan yang saya tulis terdahulu, maka akan lebih mudah jika bentuk kartu soal mengikuti contoh yang ada dengan sedikit penjabaran sebagai berikut:
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
Mata Pelajaran
:
Kelas/Semester
:
Kurikulum
:
Kompetensi Dasar
:
Materi
:
Indikator Soal
:
Level Kognitif
Pengetahuan/Pemahaman
Keterangan
Pilih salah satu
Penerapan
Penalaran
Karakter Soal
Fakta
Pilih Salah satu
Konsep
Prosedur
Metakognitif
Uraian Soal
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….Kunci Jawaban:


KARTU SOAL PILIHAN URAIAN
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
:
11
Kurikulum
:
K13
Kompetensi Dasar
:
Mengidentifikasi isi dan menganalisis teks dalam genre faktual
Materi
:
Makna Tersirat dalam Teks
Indikator Soal
:
Merumuskan makna tersirat yang terkandung dalam rumusan sebuah teks.
Level Kognitif
Pengetahuan/Pemahaman
Keterangan
Pilih salah satu
Penerapan
X
Penalaran
Karakter Soal
X
Fakta
Pilih Salah satu
Konsep
Prosedur
Metakognitif
Alkisah dahulu, ketika Mahatma Gandhi (1869-1948) sedang belajar Ilmu Hukum di University of College, London, Inggris, ada seorang profesor Bahasa Inggris bernama Peters, yang kurang menyukai Gandhi.

Suatu hari, ketika Prof. Peters sedang makan siang di kantin kampus, Gandhi muda datang dan duduk di sampingnya sambil membawa makan siangnya. Prof. Peters lantas berkata, "Gandhi, apakah Anda tidak mengerti bahwa seekor
sapi dengan seekor burung tidak duduk berdampingan untuk makan?"

Gandhi bagai orang tua yang menatap anak nakal, menjawab dengan tenang, "Jangan khawatir, Prof. Saya akan segeraterbang’." Gandhi pun segera pergi untuk makan di meja lainnya. Muka Prof. Peters memerah penuh kemarahan. Ia memutuskan untuk balas dendam di kesempatan berikut.
Esoknya, di dalam kelas, Prof. Peters dengan sengaja mengajukan pertanyaan ke Gandhi, "Gandhi, andai kamu sedang berjalan, lalu tiba-tiba menemukan paket berisi 1 tas penuh uang serta 1 tas penuh dengan kebijaksanaan... mana yang kamu ambil?"

Tanpa ragu Gandhi menjawab, "Yaaa, uang."

Prof. Peters sambil tersenyum sinis berkata, "Jika itu aku... maka aku akan mengambil kebijaksanaan."

Gandhi menjawab,
Seseorang akan mengambil apa yang tidak dia punya."

Prof. Peters hilang akal, tidak bisa berkata apa-apa. Pada kesempatan berikut, dengan penuh kemarahan, dia menulis kata "idiot" pada lembar jawaban ujian Gandhi dan memberikannya ke Gandhi. Gandhi mengambil, duduk sambil berusaha keras tetap tenang.

Beberapa menit kemudian Gandhi berdiri dan menghampiri sang profesor seraya berkata dengan sangat sopan, "Prof. Peters, Anda hanya menandatangani lembar jawaban saya tapi belum memberi nilai..."
Soal
Kakakter bagaimana yang ditunjukkan Gandhi dalam teks yang Saudara baca?
Apakah makna yang tersirat dari jawaban Gandhi, “Seseorang akan mengambil apa yang tidak dia punya"? (4)
MODEL PEDOMAN PENSKORAN
Nomor
Jawaban/ Unsur Yang Dinilai
Skor
Maks
Perolehan
<![if !supportLists]>a.    <![endif]> 
Mendeskripsikan karakater Gandi
10
<![if !supportLists]>b.    <![endif]> 
Menggunakan kalimat yang tuntut
10
<![if !supportLists]>c.    <![endif]> 
Mengunakan argumen untuk memperjelas karakter
10
<![if !supportLists]>d.    <![endif]> 
Menuliskan makna tersirat dengan tepat
10
<![if !supportLists]>e.    <![endif]> 
Menggunakan kalimat yang runtut dalam menuliskan secara runtut
10
Skor Maksimal:
50
--> -->

Tidak ada komentar:

Posting Komentar