BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Pendidikan pada
hakikatnya adalah proses pematangan kualitas hidup. Melalui proses tersebut
diharapkan manusia dapat memahami apa arti dan hakikat hidup, serta untuk apa
dan bagaimana menjalankan tugas hidup dan kehidupan secara benar. Fokus
pendidikan diarahkan pada pembentukan kepribadian unggul dengan menitikberatkan
pada proses pematangan kualitas logika, hati, akhlak, dan keimanan. Puncak
pendidikan adalah tercapainya titik kesempurnaan kualitas hidup. Pendidikan merupakan
proses menjadi, yakni menjadikan seseorang menjadi dirinya sendiri yang tumbuh
sejalan dengan bakat, watak, kemampuan, dan hati nuraninya secara utuh.
Pendidikan tidak dimaksudkan untuk mencetak karakter dan kemampuan peserta
didik sama seperti gurunya. Proses pendidikan diarahkan pada proses
berfungsinya semua potensi peserta didik secara manusiawi agar mereka menjadi
dirinya sendiri yang mempunyai kemampuan dan kepribadian unggul.
selengkapnya silahkan download
Tidak ada komentar:
Posting Komentar